Rabu, 03 Juli 2013

8 Fungsi Keluarga

keluarga bahagia :) (HS)
Saat ini, selain tugas rutin memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu, saya juga ditugasi untuk menjadi pembicara dalam kegiatan penataran calon pengantin di KUA. Tugas ini sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun, menginjak tahun ke tiga.
Penyuluhan ini diberikan bagi mereka yang akan menikah. Biasanya saya akan memberikan dua materi pokok dalam penyuluhan bagi para calon mempelai tersebut. Yaitu seputar sistem reproduksi dan juga materi tentang fungsi keluarga.
Sedikit bercerita sebagai dasar kenapa saya memposting artikel mengenai fungsi keluarga ini. Beberapa minggu yang lalu, seorang teman blogger berdiskusi dengan saya mengenai tujuan dari pernikahan. Saya pun menyebut bahwa tujuan dari pernikahan itu mungkin tercakup dalam 8 fungsi keluarga. Dan rupanya, kawan saya tersebut baru ngeh dengan 8 fungsi keluarga tersebut. sebuah hal yang baru dia tahu, menurutnya.
Jadi, dalam artikel kali ini saya akan membagikan materi yang sering saya sebutkan dalam penyuluhan di KUA tersebut. Yaitu mengenai 8 fungsi keluarga. Siapa tau memang ada diantara anda yang belum mengetahui secara teori bahwa keluarga sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, memiliki fungsi yang besar.
Nah, apa ke delapan fungsi itu?
Saya akan menuliskan garis besarnya terlebih dahulu ke delapan fungsi keluarga menurut BKKBN, yaitu:
  1. Fungsi agama
  2. Fungsi sosial
  3. Fungsi cinta kasih
  4. Fungsi perlindungan
  5. Fungsi ekonomi
  6. Fungsi pendidikan
  7. Fungsi pelestarian lingkungan
  8. Fungsi reproduksi
Bagaimana penjelasan masing-masing dari 8 fungsi tersebut? Saya akan mempostingnya nanti. Jadi ini semacam postingan berseri.
Terima kasih sudah membaca.
Salam hangat. (HS)
nb: untuk teman2 sesama penyuluh, tulisan ini bisa menjadi dasar materi bagi anda ketika memberikan penyuluhan bagi para calon pengantin. 

0 komentar:

Posting Komentar